Selalu jaga poros ban depan lurus; Jika ban tidak lurus biasanya mobil akan goncang saat berkendara dengan kecepatan tinggi, dan bukan saat mengerem. Jika ada guncangan saat mengerem, itu artinya rotor sudah bengkok. Ciri lain jika poros ban depan tidak imbang adalah tapak ban habisnya tidak rata, hanya satu sisi saja yang habis, jika demikian, anda harus melakukan spooring dan balancing di bengkel terdekat ini akan menghemat tapak ban, dan juga membuat mobil lebih aman dalam perjalanan.
alat poles mobil
Sabtu, 04 Januari 2014
Jaga kondisi ban.
Kita wajib menjaga kondisi ban , jangan sampai ban kurang angin, karena ban yang kurang angin (walaupun tidak 100%) menurut para ahli bis amengurangi umur ban sampai dengan 15%, dan juga membuat konsumsi bahan bakar 10% lebih boros. Jaga juga kedalaman tapak dari ban. Ban yang sudah tipis mengurangi gesekan dengan aspal atau jalan sehingga ban menjadi licin.
Rotasikan roda secara teratur
Rotasikan roda secara teratur, walaupun sudah seimbang tetap roda ( kanan atau kiri ) akan mempengaruhi bagian ban yang habis karena di makan jalan. Ban belakang dan depan pun akan berbeda. Oleh karena itu, kita usahakan rotasi ban setahun 2 kali. pemindahan secara diagonal kanan depan di pindah ke kiri belakang, sedangkan kiri depan di pindah ke kanan belakang dan sebaliknya.
Pengecekan ketebalan kampas rem
Cek ketebalan kampas rem, jangan sampai kampas habis karena dapat merusak rotor, logam piringan disc dari rem. Bahkan kapiler dari rem juga bisa rusak. Rotor dan kapiler ini lebih mahal dibandingkan kampas rem.
Penggantian semua jenis filter secara teratur.
Hal yang sangat penting pada mesin mobil adalah oli mesin,bahan bakar, udara semuanya memiliki filter untuk menangkap kotoran agar mesin bekerja dalam kondisi prima. Oleh sebab itu penggantian semua jenis filter tersebut secara teratur akan menunjang capbility dan memperpanjang life time dari mesin mobil kita.
Penggantian fluida atau cairan pelumas pada mobil kita.
Setiap mobil pasti membutuhkan unsur fluida untuk lubrikasi, sebagai contoh : Oli mesin, Minyak Rem, Oli Power Stering, Oli gardan, Oli transmisi. Cek caairan - cairan tersebut secara teratur, jangan sampai cairan tersebut jumlahnya kurang dari batas minimal atau sudah lewat dari batas tempuh penggunaan.
Perlakuan yang optimal untuk menjaga kesehatan mobil
Mobil terdiri dari bagian mesin ,body mobil, dan bagian yang bergerak. Pengalaman yang saya miliki adalah sering menstater mobil pada kondisi mesin dingin dan langsung menjalankannya dengan cepat, hal ini ternyata tidak baik untuk mesin mobil saya akibatnya mesin mobil saya cepat kasar dan getarannya tinggi. Ada baiknya kita mengetahui bahwa di dalam mesin terdapat moving part yang cara kerjanya harus di berikan pelumasan atau lubrikasi untuk mengurangi gesekan antar logam dan mempertahankan umur mesin mobil kita. Ya....Itu semua fungsi dari pelumas mesin yang kita pakai. Pelumas mesin membutuhkan waktu untuk melumasi dan membashai semua moving part yang ada di dalam mesin. Saran yang kita bisa aplikasikan yaitu
- Lakukan pemasan mesin terlebih dahulu sebelum di gunakan untuk jalan , agar pelumas mesin sudah melumasi semua komponen di dalam mesin mobil kita.
Artikel terkait :
- Hobi Salon Mobil Jadi Peluang Usaha
- Lakukan pemasan mesin terlebih dahulu sebelum di gunakan untuk jalan , agar pelumas mesin sudah melumasi semua komponen di dalam mesin mobil kita.
Artikel terkait :
- Hobi Salon Mobil Jadi Peluang Usaha
Langganan:
Postingan (Atom)